RPL Bimbingan Klasikal Mengatur Waktu dan Cara Belajar yang Efektif

RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN

BIMBINGAN DAN KONSELING

 

A.    TopikPermasalahan    : Mengatur Waktu dan Cara Belajar yang Efektif

B.     BidangBimbingan      : Belajar

C.     JenisLayanan              : Informasi

D.    FungsiLayanan           : Pemahaman dan Pengembangan

E.     TujuanLayanan                      :

1.      Siswadapat mengatur waktu belajar dengan efektif.

2.      Siswa dapat mengetahui kapan waktu yang efektif untuk belajar.

3.      Siswamampu memahami cara belajar yang efektif.

F.      Hasilyang ingin dicapai          :

Siswamemperoleh pengetahuan tentang cara mengatur waktu belajar yang efektif serta mampu mengaplikasikanya pada kehidupan sehari-hari.                                                  

G.    SasaranLayanan                     :

Siswakelas XIIPA 2 SMA Muhammadiyah Kudus

H.    UraianKegiatan                      :

a.       KegiatanGuru

1.      Memberikanpenjelasan tentang kapan waktu efektif untuk belajar

2.      Menjelaskan tentang cara-cara belajar yang efektif 

b.      KegiatanSiswa

1.      Mendengarkandan mencatat kegiatan layanan

2.      Menanyakantentang hal-hal yang belum jelas

I.       Metode                        : Ceramahdan Tanya jawab

J.       TempatPeyelenggara  : Ruang kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Kudus

K.    Waktu, Hari/ Tanggal  : 45 Menit, Kamis/ 20 September  2012

L.     Semester                                  : 1 ( Ganjil )

M.   PenyelenggaraLayanan          : Muhammad Safiul Umam

N.    Pihak-pihakyang terkait         : Retno Restuningsih, S.Pd ( Guru Pamong )

O.    KegiatanLayanan

No

Kegiatan

Waktu

Keterangan

1.

Pendahuluan

5 Menit

-Praktikan mengucapkan salam dan perkenalan.

-Praktikan menyampaikan diskripsi garis besar. mengenai kegiatan apa yang dilakukan pada pertemuan kali ini.

2.

Eksplorasi

15    menit

1.   Memberi kesempatan peserta didik untuk mencari informasi yang luas dan dalam tentang bagaimana mengatur waktu dan cara belajar yang efektif.

2.   Menggunakan beragam pendekatan untuk mempermudah dan memahami materi yang akan diberikan kepada siswa.

3.   Melibatkan siswa secara aktif dalam menyampaikan materi layanan.

3.

Elaborasi

15 Menit

1.   Melakukan diskusi untuk memahami bagaimana mengatur waktu dan cara belajar yang efektif

2.   Dalam kegiatan diskusi tersebut memberikan kesempatan kepada siswa untuk berfikir, menganalisis, dan siswa mampu memberikan masukan yang positif terkait dengan materi yang disampaikan.

4.

Konfirmasi

5 Menit

1.   Memberikan penguatan dalam bentuk lisan/ jawaban atas jawaban yang sebelumnya sudah dijawab siswa dan memberikan reward bagi siswa yang bersedia menjawab pertanyaan sebelumnya.

5.

Penutup

5 Menit

1.   Membuat rangkuman/ simpulan tentang materi layanan yang dibahas sebelumnya.

2.   Melakukan penilaian dan atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terpogram.

3.   Merencanakan kegiatan tindak lanjut (follow up) dalam bentuk layanan konseling.

4.   Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

5.   Berdoa dan mengucapkan salam

           

P.      Media                          : Laptop, Power point, Spidol.

Q.    RencanaPenilaian       :

1.      Pengamatanterhadap siswa selama mengikuti layanan

2.      Antusiassiswa dalam menerima dan mengikutilayanan

R.     CatatanKhusus           :

S.      Denganadanya layanan ini diharapkan siswa mampu mengatur waktu belajar dengan baik serta mampu menemukan cara belajar yang cocok bagi dirinya.                 

 

Kudus, 20 September  2012

Guru Pamong                                      Praktikan

 

 

 

Retno Restuningsih, S.Pd                 Muhammad Safiul Umam

NIP .                                                   NIM.

 

UntukMendownload File tersebut di atas silahkanklik download di bawah ini:

DOWNLOAD

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "RPL Bimbingan Klasikal Mengatur Waktu dan Cara Belajar yang Efektif"

Post a Comment