Mengatur Waktu dan Cara Belajar yang Efektif

MATERI BIMBINGAN KLASIKAL 1

MENGATUR WAKTU DAN CARA BELAJAR YANG EFEKTIF

 

A.    LATAR BELAKANG

Tugas utama pelajar adalahbelajar. Kegiatan belajardapat dilakukan di sekolah, dirumah serta dimana saja dankapanpun juga. Waktu untuk kegiatanbelajar di sekolah yaitu kuranglebih tujuh jam sehari. Sementara itu, belajar untuk di rumahditentukan oleh masing-masing orang yang disesuaikan dengan kondisi masing-masing. Penggunaan waktu dan carabelajar yang efisien dapat meningkatkan keberhasilan belajar sesorang. Oleh karena itu, setiapsiswa sebaiknya dapat mengatur waktu dan cara belajarnya secara efisien.

 

B.     PENGERTIAN

Secara umum kegiatan belajar adalah suatu proses kegiatan dari tidak tahu, tidak mengerti, tidak bisa menjadi tahu, mengerti dan bisa secara optimal. Menurut Hintzman, Douglas L.dalam The Psychology of Learning and Memory: 1987. Belajar adalah suatu perubahan yang terjadi dalam diri organisme, manusia atau hewan, disebabkan oleh pengalaman yang dapat mempengaruhi tingkah laku organismetersebut. Sedangkan Efektif adalah tepat guna/ sasaran untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai.

Jadi pengertian Belajar Efektif. Belajar efektif adalah cara belajar yang dapat meraih tujuan yang ingin dicapai dari belajar itu sendiri, sesuai dengan kompetensi dasar dari materi yang diajarkan. Misalnya, siswa dapat melakukan operasi perkalian dan mampumenjawab soal gurunya dengan baik dan benar.

 

C.    PETUNJUK MENYUSUN WAKTU BELAJAR SECARA EFISIEN

Agar siswadapat menggunakan waktu belajar secaraefisien, siswa dapat mengikuti petunjuk di bawahini.

1.      Susunlah daftar kegiatan belajar dan tentukan jenis kegiatan belajar, selanjutnya menentukan prioritas pelaksanaannya.

2.      Menetapkan waktu belajar. Masing-masing individu mempunyai kebiasaan belajar yang berbeda. Ada yang sore, malam , dan pagi hari. Dengan menetapkan waktu belajar tertentusesuai dengan kondisi masing-masing individu, akanterbentuk kebiasaan belajar yang baik.

3.      Bertanyalah pada diri sendiritentang pelajaran yang anda anggap sukardan pelajaran yang anda anggap mudah. Masing-masing orang berbeda dalam menentukanpelajaran yang sukar dan yang mudah. Ada yang menganggap pelajaran Matematika lebih sukar daripelajaran Bahasa Inggris. Ada jugasiswa yang menganggap pelajaran Bahasa Inggris lebih sukardari pelajaran Matematika.

4.      Pelajari lebih dahulu yang anda anggap sukar.

5.      Mata pelajaran yang anda anggap sukar, hendaknya dipelajari lebih lama agar betul-betul anda kuasai.

6.      Berilah waktu yang cukup untuk setiap matapelajaran.

7.      Buatlah satuan belajar selama satu jam. Tidak ada pedomanyang pasti untuk menetapkan lama waktu belajar. Umumnya, setiap babak waktubelajar antara 80 menit sampai dengan90 menit. Setelah anda belajar selamakurang lebih satu jam, anda dapat melakukan selingan belajar antara 5 sampai 10 menit dengan melakukanselingan makan makanan kecil, mendengarkan musik atau melakukan gerakan kecil untukmeluruskan kaki sehingga selingan perlu dilakukan agar badan tetap segar dantidak mudah lelah.

8.      Ulangilah pelajaran yang baru saja diberikan di kelas. Bacalahkembali pelajaran tersebut sebelum anda menghadapi pelajaran berikutnya.

9.      Pelajarilah setiap mata pelajaransesering mungkin. Jika anda belajarsatu jam setiap hari selama enamhari berturut-turut maka anda dapatmemperoleh hasil yang lebih besar daripadabelajar enam jam sekaligus, tetapi hanya sehari.

10.  Jangan menyia-nyiakan waktu luang. Misalnya, ada guru yang berhalangan hadir, atau pelajaranselesai sebelum waktunya, gunakan waktu luang ituuntuk belajar, diskusi atau membaca.

11.  Gantilah waktu belajar yang hilang. Anda harusmengganti waktu belajar yang hilang karena melakukan kegiatan lain saatanda harus belajar. Misalnya harus menghadiri pesta pernikahan saudara sehingga waktu belajar andaada yang hilang. Waktu yang hilang tersebut dapat diganti dengan mengurangi waktu untuk berekreasi/bermain sehingga alokasi waktu belajaranda tetap pada porsinya

Menerut para ahli, waktuyang efektif untuk para pelajar menyerapilmu adalah 3-10 menit. Jika kitaperhatikan realita yang ada, pendapat paraahli ini ada benarnya juga.Saya pribadi jika belajar terlalulama, yang ada hanya pusing, capek, dan lain-lain. Dikarenakan hal itu ilmu yang masuk hanyalah sedikit dan terkadang tidakbertahan lama di otak atau cepatlupanya.

 

D.    MACAM-MACAM GAYA BELAJAR

Menurut DePorter dan Hernacki (2002), gayabelajar adalah kombinasi dari menyerap, mengatur, dan mengolah informasi. Terdapat tiga jenis gayabelajar berdasarkan modalitas yang digunakan individu dalam memproses informasi (perceptual modality).

1.      VISUAL (Visual Learners)

Gaya BelajarVisual (Visual Learners) menitikberatkan pada ketajaman penglihatan. Artinya, bukti-buktikonkret harus diperlihatkan terlebih dahulu agar mereka paham Gaya belajar seperti ini mengandalkanpenglihatan atau melihat dulu buktinyauntuk kemudian bisa mempercayainya. Ada beberapa karakteristik yang khas bagai orang-orang yang menyukai gaya belajarvisual ini. Pertamaadalah kebutuhan melihat sesuatu (informasi/pelajaran) secara visual untuk mengetahuinya atau memahaminya, kedua memiliki kepekaan yang kuat terhadap warna, ketiga memilikipemahaman yang cukup terhadap masalah artistik, keempat memiliki kesulitan dalam berdialog secara langsung, kelima terlalu reaktif terhadap suara, keenam sulit mengikuti anjuran secara lisan, ketujuh seringkali salah menginterpretasikan kata atau ucapan.

Ciri-ciri gayabelajar visual ini yaitu :

1.      Cenderung melihatsikap, gerakan, dan bibir guru yang sedang mengajar

2.      Bukan pendengaryang baik saat berkomunikasi

3.      Saat mendapatpetunjuk untuk melakukan sesuatu, biasanya akan melihatteman-teman lainnya baru kemudian diasendiri yang bertindak

4.      Tak suka bicaradidepan kelompok dan tak sukapula mendengarkan oranglain. Terlihat pasif dalam kegiatan diskusi.

5.      Kurang mampumengingat informasi yang diberikan secara lisan

6.      Lebih sukaperagaan daripada penjelasan lisan

7.      Dapat duduktenang ditengah situasi yang rebut dan ramai tanpa terganggu

2.      AUDITORI (Auditory Learners )

Gaya belajarAuditori (Auditory Learners) mengandalkan padapendengaran untuk bisa memahami danmengingatnya. Karakteristik model belajar sepertiini benar-benar menempatkan pendengaran sebagai alat utamamenyerap informasi atau pengetahuan. Artinya, kita harus mendengar, baru kemudian kita bisa mengingatdan memahami informasi itu. Karakter pertama orang yang memiliki gayabelajar ini adalah semua informasihanya bisa diserap melalui pendengaran, kedua memiliki kesulitan untuk menyerap informasi dalam bentuk tulisan secara langsung, ketiga memiliki kesulitan menulis ataupun membaca.

Ciri-ciri gaya belajar Auditori yaitu :

1.      Mampu mengingatdengan baik penjelasan guru di depan kelas, ataumateri yang didiskusikan dalam kelompok/ kelas

2.      Pendengar ulung: anak mudah menguasai materi iklan/ lagu ditelevise/ radio

3.      Cenderung banyakomong

4.      Tak suka membacadan umumnya memang bukan pembacayang baik karena kurang dapat mengingatdengan baik apa yang baru sajadibacanya

5.      Kurang cakapdalm mengerjakan tugas mengarang/ menulis

6.      Senang berdiskusidan berkomunikasi dengan orang lain

7.      Kurang tertarikmemperhatikan hal-hal baru dilingkungan sekitarnya, seperti hadirnya  anak baru, adanya papanpengumuman di pojok kelas, dll

3.      KINESTETIK (Kinesthetic Learners)

Gaya belajarKinestetik (Kinesthetic Learners) mengharuskan individuyang bersangkutan menyentuhsesuatu yang memberikan informasi tertentu agar ia bisa mengingatnya. Tentu saja ada beberapa karakteristikmodel belajar seperti ini yang tak semuaorang bisa melakukannya. Karakter pertama adalah menempatkan tangan sebagai alat penerimainformasi utama agar bisa terus mengingatnya. Hanya dengan memegangnya saja, seseorang yang memiliki gaya  ini bisa menyerap informasi tanpa harus membacapenjelasannya.

Ciri-ciri gaya belajar Kinestetik yaitu :

1.      Menyentuh segalasesuatu yang dijumapinya, termasuk saat belajar

2.      Sulit berdiamdiri atau duduk manis, selaluingin bergerak

3.      Mengerjakan segalasesuatu yang memungkinkan tangannya aktif. Contoh: saat guru menerangkan pelajaran, dia mendengarkan sambil tangannya asyik menggambar

4.      Suka menggunakanobjek nyata sebagai alat bantu belajar

5.      Sulit menguasaihal-hal abstrak seperti peta, symbol dan lambing

6.      Menyukai praktek/ percobaan

7.      Menyukai permainandan aktivitas fisik

 

Untukmendownload File tersebut diatas, silahkan klik download dibawah ini:

 

DOWNLOAD

Dan untuk versi PPT nya silahkan download disini:

DOWNLOAD

 

Download Juga RPL Materi Mengatur Waktu dan Cara Belajar yang Efektif disini

 

DOWNLOAD

Download Juga Laporan Pelaksanaan dan evaluasi analisa dan tindak lanjutMateri Mengatur Waktu dan Cara Belajar yang Efektif disini

 

DOWNLOAD

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Mengatur Waktu dan Cara Belajar yang Efektif"

Post a Comment