12 Formula Dasyat Merancang Masa Depan Hebat

MATERI BIMBINGAN KLASIKAL 2

12 FORMULA DAHSYAT MERANCANG MASA DEPAN HEBAT

 

A.    LATAR BELAKANG

Semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk dapat sukses, tetapi yang membedakanya apakah orang itu mau atau tidak berikhtiar untuk mendapatkan kesuksesan tersebut. Masa depan yang hebat tidak akan bisa terwujud jikalau kita hanya duduk diam saja tanpa adanya tindakan yang ikut menyertainya. Sudah saatnya bagi anda untuk bangkit dan menciptakan masa depan hebat anda. Anda sendirilah yang harus menciptakan masa depan itu, dengan segala curahan pikiran anda, dan sekuat tenaga melaksanakan apa yang anda rencanakan dengan pikiran anda.

B.     12 FORMULA DAHSYAT MERANCANG MASA DEPAN HEBAT

Berikut ini, 12 formula dahsyat untuk merancang masa depan andaagar lebih hebat

1.      Tentukan Visi

Pertama kali yang harus dipikirkan adalah visi Anda. Maksudnya, Anda mengerti dan menyadariapa yang Andainginkan, baik jangka waktu dekatataupun lama. Kebanyakan orang tidak mengetahui, apa ituvisi, orientasi, dan tujuan.

Tujuan adalah yang kita tuju terus-menerus. Visi adalah apa yang ingin kita capaiVisiterkadang sesuatu yang ingin Anda capaisetelah 10 tahu atau bahkan 25 tahun ke depan. Sangat mungkin, jika ada diantara kita yang mengatakan, “Umur ada di tanganAllah Subhanahu wa Ta’ala.” Ini juga saya yakini.Akan tetapi, Allah memberikan otak untuk kitabisa berpikir dan membuat rencana.Apakah Anda sudah menggunakanotak Anda untuk berpikir dan membuat rencana?

Contoh dari visi adalah: Perusahaan elektronik. Adapun orientasinya adalah: Mendekatkan diri kepada Allah.

Mengapa demikian? Karena jika visi tidakjelas berhubungan secara total dengan orientasi spiritual, yaitu yang berhubungan dengan Allah, maka visi Andabersifat sesaat (temporal), yaitu hanya untuk kebutuhan materi di dunia.

2.      Semangat yang Menyala-nyala

Untuk menapaki jalan masa depan, dibutuhkanadanya semangat yang menyala-nyala. Visi akan menuntutperilaku. Sedangkan semangat yang menyala-nyala akan memberikandorongan (motivation) manusiamelakukan tindakan nyata (take action). Lantas, bagaimanauntuk membangkitkan semangat yang menyala-nyala?Jawabannyaadalah simple, yaitu dorongan (motivation).

3.      Percaya Diri (Self-Confidence)

Percaya Diri (Self Confidence) adalah meyakinkan pada kemampuan dan penilaian (judgement) diri sendiri dalam melakukantugas dan memilih pendekatan yang efektif. Hal ini termasukkepercayaan atas kemampuannya menghadapi lingkungan yang semakin menantang dan kepercayaanatas keputusan atau pendapatnya. “Rasa percaya diri (self-confidence) harus didorong dengan semangat yang menyala-nyala, visi yang jelas, orientasi jangka panjang (sustainable) untuk mendapatkan keridaan Allah swt. Hal inilah yang akanmengantarkan kepada kesuksesan di duniadan akhirat.

4.      Membuat Citra Diri (Self-Image)

Aku (Ganang) katakan, Ketika kita mencitrakan diri sebagai individuyang lemah, maka kita akanmelemah dan akhirnya kalah. Begitu juga komentar-komentarorang lain tentang kita. Bila komentaritu negatif, bisa menjadi bumerangbagi kita. Kita mencitrakan diri seperti apayang dikatakan orang lain. Jadi, inti daricitra diri adalah: 1) dari apa yang kitayakini tentang kita sendiri, dan2) dari pernyataan-pernyataanorang lain ttg kita. Inilah pembentuk citradiri kita.

5.      Miliki Keberanian (Courage)

Tanpa keberanian, maka Anda tidak akansampai pada visi yang Anda tuju.  Apa yang bisa mematahkankeberanian? Satu hal yaitu rasa takut. Rasa takut pastidilahirkan oleh sesuatu yang sebenarnya tidak ada. Misalnya takut akan ditertawakanorang. Takut jangan-jangan gagal.Bahkan, takut jika kemudian tidakakan berhasil.

Keberanian harus Anda wujudkan dalamtindakan nyata (take action). Inilah yang kita bicarakansekarang. Pertama adalah visi yang jelas. Visi ini harus dihubungkan dengan orientasi. Di sanalah kemudianlahir semangat menyala-nyala. Demikian juga, rasa percayadiri Anda (self-confidence) harus jelas dan kuat. Citra diri (self-image) juga harus jelas.Anda juga harus menurunkanvisi Anda dalam tujuan-tujuan yang jelas. Satu per satu tujuantersebut harus Anda wujudkan agar bisa menuju visiAnda. Setiap keberhasilan dalammewujdukan tujuan adalah jalan menujuvisi Anda. Tujuan-tujuan tersebut adalah jalan menuju visiAnda. Tujuan-tujuan tersebut adalahjalan menuju orientasi Anda. Setelah itu, Anda harusmampu melahirkan keberanian dalam diri Anda. Keberanian adalah mewujudkan pikiran dalam tindakannyata (take action). Kemudian susunlah rencana strategis (strategic planning).

6.      Buatlah Rencana Strategis (Strategic Planning)

Anda harus menyiapkan banyak alternative (rencana A, B, C, D, dan seterusnya). Jika anda hanyamenyiapkan satu rencana (A saja), jika Anda gagaldengan rencana tersebut, maka Anda akangagal untuk semuanya.

7.      Pelaksanaan

Rencana strategis yaitu perencanaan (planning), evaluasi, penyelesaian-penyelesaian (self-adjusment), pembelajaran (learning), dan pelaksanaan. Dan dalam waktu yang bersamaan, Anda harus bersyukur kepada Allah Subhanahu wa Ta’aladalam sepanjang proses tersebut.

8.      Menyatakan Tiga Energi: Konsistensi, Keteguhan Hati, dan Pendisiplinan Diri

Sangat mungkin anda konsistenbangun pagi hari untuk menyelesaikanhal-hal tertentu. Ini adalah bentuk konsisten.Akan tetapi, sangat mungkin ketika Anda sangatcapek, sehinggatidak bisa bangun pagi. Di sinilah masuk ke fase keteguhanhati. Keteguhan hati harus bisa memaksa diriutk selalu konsisten. Akan tetapi, keteguhanini tetap goyah dan tidakseorang pun bisa memaksa Anda utkmelakukan sesuatu pada saat tertentu.Di sini Andamemasuki fase pendisiplinan diri. Semuanya itu ditujukan agar Anda bisa melakukansesuatu setiap hari secara disiplindan konsisten.

Bahwasanya Rasulullah ditanya, ‘Perbuatan apakah yang paling disukai di sisiAllah?’ Beliau menjawab, ‘Yang paling kontinyu walaupun sedikit.” (HR. Muslim). Misalnya jika Anda inginbelajar bahasa tertentu, maka anda harus konsistendan terus mempelajarinya. Akan tetapi, dalam suatufase tertentu, Anda disibukkan dengan hal lain atau Anda sakit, sehingga tidak menyelesaikannya. Hal iniberarti konsistensi Anda lemah. Jika Anda berpegang teguh pada haltertentu, maka seharusnya bisa menjaga konsistensi. Jika kemudian satu ataudua minggu Anda berhenti, maka harus adausaha pendisiplinan diri. Pendisiplinan diri berarti memaksadiri untuk kontinyu melaksanakan apa yang kitainginkan.

9.      Selalu Belajar

Sangat tidak mungkin jika Andaingin menciptakan masa depan, sementara Andatidak suka belajar. Jika saya katakan kepada Anda, ‘Jika Anda mempunyai konsistensi, keteguhan, kedisiplinan, dan kecintaan akan belajar, maka langkah selanjutnya adalah sabar.

10.  Sabar

Anda tidak akanbisa mewujudkan masa depan andatanpa adanya kesabaran total dalam diri anda. Andapasti akanmenghadapi banyak rintangan dan hambatan. Kesuksesan tidak dapat diraih denganwaktu yang singkat, kalupun bisa esistensidari sebuah keberhasilan yang dicapai tidak akanbermakna. Jika anda memperolehkesuksesan dalam waktu dini ataudengan jalan pintas, maka andabiasanya tidak bisa merasakan kesuksesan tersebut.

11.  Realisasi

Kata: ‘realisasimaksudnya Anda telah mampu mewujudkanapa yang diinginkan. Anda telah melakukan apasaja mulai visi, orientasi, semangat yg menyala-nyala, rasa percaya diri, citra diri, mulaimelaksanakan rencana strategis, dan mewujudkan tujuan-tujuan Anda.

12.  Dermawan

Setelah Allah Subhanahuwa Ta’alamelapangkan jalan bagi Anda danmeloloskan tujuan-tujuan Anda, maka Andaharus bisa mendermakan hidup Anda untuk melayanidan membantu sesama manusia. Bantulah sebanyak mungkin orang lain. Jika Anda inginhasil yang akandidapatkan berlanjut lama (sustainable), maka anda harus bisa berbagi(sharing) dengan hasilyang Anda dapatkan dg orang lain.

 

Untukmendownload File tersebut diatas, silahkan klik download dibawah ini:

 

DOWNLOAD

Dan untuk versi PPT nya silahkan download disini:

DOWNLOAD

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "12 Formula Dasyat Merancang Masa Depan Hebat"

Post a Comment