SATUAN KEGIATAN PENDUKUNG
BIMBINGAN DAN KONSELING
A. Topik Permasalahan/Bahan : Pengisian Angket Sosiometri
B. Bidang Bimbingan : Pribadi dan sosial
C. Jenis Layanan : Aplikasi Instrumentasi BK
D. Fungsi Layanan : Pemahaman dan pengentasan
E. Tujuan Layanan/ hasil yang ingin dicapai:
1. Mengetahui intensitas hubungan antar pribadi yang ingin dicapai dalam suatu kelompok siswa
2. Tersedia data aktual untuk menyusun rencana pelayanan sesuai dengan permasalahan siswa.
3. Mengungkap problem siswa dengan menggunakan Sosiometri untuk keperluan Bimbingan Konseling
F. Sasaran Layanan : Siswa kelas XI IPA 2 SMA Muhammadiyah Kudus
G. Uraian kegiatan dan materi layanan:
1. Nama Instrument : Sosiometri
2. Jenis Instrument : Non test
3. Pokok Isi Instrument : Pilihan siswa yang disukai dan yang tidak disukai
4. Pola pengerjaan soal : Tertulis
5. Pola Pengadministrasian : Individu dan kelompok
H. Tempat Penyelenggaraan : Ruang Kelas XI IPA 2 SMA Muhammadiyah Kudus
I. Waktu, Hari/Tanggal : 1 x 45 menit/ Kamis, 13 September 2012
J. Penyelenggara Layanan : Muhammad Safiul Umam
K. Pihak lain yang disertakan : Guru Pamong
L. Pengolahan dan interpretasi hasil : Praktikan
M. Penggunaan Hasil :
1. Digunakan terhadap siswa : Kelas XI IPA 2 SMA Muhammadiyah Kudus
2. Digunakan dalam layanan : Konseling individu dan kelompok
3. Yang menggunakan : Praktikan
4. Waktu penggunaan : Sesuai kebutuhan
5. Tempat penggunaan : Di SMA Muhammadiyah Kudus
N. Rencana penilaian dan tindak lanjut :
1. Rencana penilaian : Kesungguhan dan antusias siswa dalam mengerjakan
angket sosiometri.
2. Tindak lanjut : Mengentaskan masalah siswa yang terisoler.
O. Keterkaitan layanan ini
dengan Kegiatan yang lain : Terkait dengan himpunan data, konseling perorangan,
bimbingan /konseling kelompok
P. Catatan khusus : Hasil angket sosiometri ini akan digunakan sebagai acuan
dalam pemberian layanan bimbingan dan konseling khu-
susnya dalam bidang sosial siswa.
Kudus, 13 September 2012
Guru Pamong Praktikan
Retno Restuningsih, S.Pd Muhammad Safiul Umam
NIP 19641114 198703 2 005 NIM 2009-31-194
0 Response to "Satkung Sosiometri"
Post a Comment