SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
A. Topik Permasalahan : Belajar dengan cara menyenangkan
B. Bidang Bimbingan : Belajar
C. Jenis Layanan : Informasi
D. Fungsi Layanan : Pemahaman dan Pengembangan
E. Tujuan Layanan :
1. Siswa mengetahui cara menciptakan suasana menyenangkan dalam belajar
2. Siswa dapat meningkatkan prestasi belajarnya
3. Siswa mampu mengaplikasikanya pada kehidupansehari-hari
F. Hasil yang ingin dicapai :
Siswa dapat menciptakan suasana atau iklim belajar yang menyenangkan sehingga dapatmeningkatkan prestasi belajarnya untuk mencapai keberhasilan di masa depan.
G. Sasaran Layanan : Siswa kelas VIII A – D SMP N 6 Cibal
H. Uraian Kegiatan :
a. Kegiatan Guru
1. Memberikan penjelasan tentang pentingnya menciptakan suasana atau iklim belajar yang menyenangkan
2. Menjelaskan cara atau tipsagar enjoy dalam belajar sekaligus dapat belajar dengan efektif
3. Memberikan penjelasan bagaimana mengaplikasikannya pada kehidupan sehari-hariguna mencapai prestasi belajar yang optimal
b. Kegiatan Siswa
1. Mendengarkan dan mencatat kegiatan layanan
2. Menanyakan tentang hal-hal yang belum jelas
I. Metode : Ceramah dan Tanya jawab
J. Tempat Peyelenggara : Ruang kelas VIII
K. Waktu, Hari/ Tanggal :
L. Semester : 1 ( Ganjil )
M. Penyelenggara Layanan : Muhammad Safiul Umam, S.Pd
N. Pihak-pihak yang terkait : -
O. Kegiatan Layanan
No | Kegiatan | Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluan | 10 Menit | 1. Konselormengucapsalam dan perkenalan. 2. Konselor melakukan presensi/ mengabsen siswa 3. Konselormenyampaikan diskripsi dan garis besar. mengenai kegiatan apa yang akan dilakukan pada pertemuan kali ini. |
2. | Eksplorasi | 25 menit | 1. konselor menjelaskan tujuan dari materi yang akan disampaikan 2. konselor memberikan penjelasan dan memberi kesempatan siswa untuk mencari informasi yang luas/ dalam tentang Belajar dengan cara menyenangkan 3. Menggunakan beragam pendekatan untuk mempermudah dan memahami materi yang akan diberikan kepada siswa. 4. Melibatkan siswa secara aktif dalam menyampaikan materi layanan. |
3. | Elaborasi | 25 Menit | 1. Melakukan diskusi untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru yaitu cara mengembangkan dan meningkatkan potensi dalam diri. 2. Dalam kegiatan diskusi tersebut guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk berfikir, menganalisis, dan mampu memberikan masukan yang positif terkait dengan materi yang disampaikan. |
4. | Konfirmasi | 10 Menit | 1. Konselor mendapatkan feedback (balikan) dari siswa dengan mengadakan tanya jawab tentang topik mengembangkan potensi diri 2. Memberikan penguatan dalam bentuk lisan/ jawaban atas feedback yang sebelumnya sudah dijawab siswa dan memberikan reward bagi siswa yang bersedia menjawab pertanyaan sebelumnya. |
5. | Penutup | 10 Menit | 1. Membuat rangkuman/ simpulan tentang materi layanan yang dibahas sebelumnya. 2. Melakukan penilaian dan atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terpogram. 3. Merencanakan kegiatan tindak lanjut(follow up) dalam bentuk layanan konseling. 4. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. 5. Berdoa dan mengucapkan salam |
P. Media : Laptop, Spidol, Buku catatan
Q. Rencana Penilaian :
1. Pengamatan terhadap antusiasme siswa dalam menerima dan mengikutilayanan (Laiseg).
2. Melakukan observasi untuk melihat aktivitas dan sikap siswa dalam meningkatkan kecerdasan emosi (Laijapan).
R. Keterkaitan dengan Pelayanan konseling atau kegiatan pendukung yang lain:
1. Jika ada siswa yang mengalami hambatan dalam layanan ini akan dibantu dengan layanan bimbingan kelompok,
2. Kegiatan pendukung yang menyertai layanan ini adalah aplikasi instrumentasi dan himpunan data
S. Tindak Lanjut :
Kegiatan layanan ini ditidak lanjuti dengan melakukan pengamatan terhadap sikap dan prestasi siswa, memberikan layanan konsultasi
T. Catatan Khusus :
Bagi siswa yang tidak hadir dalam layanan ini, akan diberi layanan informasi tersendiri dan dengan adanya layanan ini diharapkan Siswa dapat menciptakan suasana atau iklim belajar yang menye-nangkan sehingga dapatmeningkatkan prestasi belajarnya untuk mencapai keberhasilan di masa depan.
Mengetahui, Manggarai, September 2014
Kepala SMP N 6 Cibal Guru BK
Aloysius Odi, S.Pd. Muhammad Safiul Umam, S.Pd
NIP. 19750520 200604 1 021 NIP.
LAPORAN
PELAKSANAAN DAN EVALUASI ANALISA DAN TINDAK LANJUT
SATUAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL
A. Topik Permasalahan : Belajar dengan cara menyenangkan
B. Spesifikasi Bimbingan
1. Bidang Bimbingan : Belajar
2. Jenis Layanan : Informasi
3. Fungsi Layanan : Pemahamandan Pngembangan
4. Sasaran Layanan : Kelas VIII A – D SMP N 6 Cibal
C. Pelaksanaan Layanan
1. Waktu, Hari/ Tanggal :
2. Semester : Ganjil
3. Tempat : Ruang Kelas VIII
4. Diskripsi dan Komentar dalam proses layanan
a. Siswa aktif dalam mengikuti layanan bimbingan klasikal
b. Proses layanan kepada siswa berlangsung dengan lancar
c. Sebagian dari siswa ada yang aktif dan ada juga yang masih malu-malu dalam berpendapat
dan bertanya jika ada yang tidak dimengertinya.
D. Evaluasi
1. Cara Penilaian:
a. Mengamati Siswa mana yang aktif dan yang tidak dalam mengikuti kegiatan bimbingan
klasikal berlangsung.
b. Siswa menyampaikan pendapat, ide, dan gagasan agar mereka bisa berdiskusi antara satu
dengan yang lain.
2. Diskripsi dan Komentar
a. Siswa bisa menyesuaikan dan aktif dalam bimbingan klasikal ini
b. Siswa secara aktif mengemukakan pendapatnya
E. Analisa hasil penilaian:
1. Cara-cara analisa : Menyimpulkan hasil pengamatan
2. Diskripsi dan Komentar : Siswa mengikuti layanan bimbingan klasikal ini dengan aktif dan lancar.
F. Tindak Lanjut :
Membuat skala pengamatan terhadap siswa setelah mengikuti layanan.
G. Diskripsi dan komentar :
Dengan adanya layanan ini diharapkan Siswa dapat menciptakan suasana atau iklim belajar yang menyenangkan sehingga dapat meningkatkan prestasi belajarnya untuk mencapai keberhasilan di masa depan
Mengetahui, Manggarai, September 2014
Kepala SMP N 6 Cibal Guru BK
Aloysius Odi, S.Pd. Muhammad Safiul Umam
NIP. 19750520 200604 1 021 NIP.
MATERI
BELAJAR DENGAN CARA YANG MENYENANGKAN
.
Dalam belajar supaya berkualitas maka setiap pelajar memiliki metode belajar yang berbeda dengan orang lain. sering kali, prestasi ditentukan oleh ketepatan metode yang digunakan. bagaimana dengan anda? Apakah anda telah menemukan metode belajar yang sesuai? Metode Belajar adalah merupakan cara belajar yang tepat menghasilkan prestasi belajar yang hebat yang ditandai oleh perasaan nyaman saat belajar, perasaan senang, antusias, tidak merasa terpaksa, tidak merasa bosan, Selain itu, prestasi belajar akan menunjukkan nilai yang bagus, kalaupun bukan dalam ukuran ranking. Ranking kelas tidak dapat anda jadikan patokan karena hal itu sangat tergantung pada bagaimana situasi kelas anda. Jika anggota kelas anda tidak seorang pun yang memiliki metode belajar yang tepat dan menyenangkan, maka anak yang meraih ranking tertinggipun belum tentu telah menemukan metode belajar yang tepat. Sebaliknya, jika seluruh warga kelas telah menemukan metode belajar yang tepat, maka rangking 20 pun mungkin telah belajar dengan maksimal. Akan lebih tepat jika anda mengukurnya melelui penguasaan kompetensi dalam setiap mata pelajaran.
Perlu diingat bahwa semua itu ga ada yang instan, harus secara bertahap, karena otak manusia lebih mampu menyerap sesuatu yang sedikit-sedikit daripada langsung banyak. Berikut ini adalah tips agar anda enjoy dalam belajar sekaligus dapat belajar dengan efektif.
- Sebelum belajar ada baiknya makan dulu agar otak dapat berpikir dengan baik, jangan terlalu sedikit, jangan terlalu kenyang pula, agar dapat berpikir maksimal.
- Santai dalam aktivitas belajar, jangan anggap belajar sebagai momok yang harus ditakuti, membayangkan bahwa belajar itu membosankan. Hilangkan pikiran itu dari pikiran anda. Karena jika anda belajar dalam pikiran yang negatif, maka pikiran anda akan tertutup. Cobalah buka pikiran anda, hilangkan semua masalah-masalah lain yang tidak berkaitan dengan aktivitas belajar dari pikiran anda, misalnya masalah pacaran, ada sms, dll. Cobalah untuk fokus dalam memahami apa yang anda baca dan apa yang anda kerjakan.
- Jangan belajar tanpa refreshing. Kadang-kadang banyak orang yang mengartikan bahwa belajar terus-menerus itu sangat bagus dan bisa mendapatkan prestasi yang baik. Pendapat itu tidak benar. Belajar yang terus-menerus dapat membuat kita lebih cepat bosan dan lelah. Sebaiknya istirahat apabila capek, jangan diforsir, jangan belajar juga, mulailah belajar kembali apabila badan sudah fit lagi, dan siap untuk menerima pelajaran.
- Jangan terlalu banyak berbicara, bicaralah yang penting saja, karena seperti pepatah mengatakan “tong kosong berbunyi nyaring”. Jadi dalam belajar coba ciptakan suasana yang anda senangi. Misalnya suasana hening, atau sambil :musik atau suasana apa saja yang ga bikin kita :bosen sampai :ngiler .
- Pikirkan bahwa diri anda bisa mengerjakan soal apapun yang diberikan. Pikiran yang menyatakan ketidakbisaan dapat menyebabkan ketidakbisaan pula. Jadi “You Are What You Think” alias anda adalah apa yang anda pikirkan. Jangan merasa bahwa diri anda terlalu pandai karena dapat menyebabkan menyepelekan masalah, namun jangan pula merasa bahwa diri anda terlalu bodoh, hal itu dapat menyebabkan anda minder dan tidak dapat memahami pelajaran yang anda pelajari.
- Buat jadwal belajar seenjoy mungkin, jangan merasa diikat. Karena belajar yang enjoy itu dapat lebih bisa diterima pikiran daripada belajar yang terlalu serius. Misalnya belajar kita jangan dibatasi harus 2 jam atau minimal berapa jam, yang penting belajar dan paham, itu lebih baik. Tapi syaratnya harus FOKUS tadi.
- Cobalah banyak latihan menghadapi soal-soal dan Jangan Pernah Memakai Kalkulator. Anak SD aja diajari ga pakai kalkulator agar otak mereka lebih sering terasah. “Setajam apapun pedang tapi kalau ga pernah diasah lama-lama akan tumpul”. Begitu pula otak manusia. Jadi, simpan kalkulator di laci, dan mulailah menyelami ke lautan pengerjaan soal. Jika kamu masih belum fokus, coba kamu cuci muka dulu deh, ntar belajar lagi. Selain itu, cobalah kamu luangkan waktu untuk mengotak-atik soal yang kamu kerjakan, soal yang sulit juga, agar otakmu selalu terasah sehingga lebih mudah ingat, dan kalau terbiasa kamu bisa mengerjakan tanpa menulis caranya, tapi syaratnya jangan :ngiler .
- Terapkan pada kenyataan yang sebenarnya. Nah, ini untuk pelajaran-pelajaran yang nyata, dan tidak abstrak. Maksudnya, cobalah memahami materi dengan membayangkan kejadian di kehidupan nyata, atau pahami dengan alat peraga yang ada di pikiranmu. Misalnya jika anda membayangkan tentang pelajaran fisika tentang bola yang dilempar ke atas. Jangan anda hanya mengingat rumus-rumusnya, namun juga pahami ada apa di balik itu.
- Perhatikan apabila guru sedang menerangkan. Ketika kita fokus dan memperhatikan, kita secara tidak langsung telah belajar bertahap, dan apabila belum jelas, jangan pernah takut untuk bertanya.
- Jangan hanya mengandalkan cara guru dalam menyelesaikan masalah. Karena guru juga manusia, sehingga setiap orang dapat memilih jalan yang berbeda apabila hasilnya sama benar, itu dapat membuat anda lebih aktif dan kreatif. Bukan tidak mungkin anda dapat mengalahkan guru anda (maksudnya anda dapat membenarkan apabila guru anda salah, itu dapat membuat anda lebih kreatif)
Nah, mungkin tips itu ada yang tidak cocok bagi anda, jangan khawatir. Karena setiap orang mempunyai cara yang berbeda untuk belajar. Mungkin dengan tips ini anda bisa lebih terbantu mengerjakan soal secara cepat dan tepat. Ingat, untuk sukses tidak diraih dengan instan, namun dengan proses, maka berfokuslah pada proses, OK!
0 Response to "RPL Belajar dengan cara menyenangkan"
Post a Comment